HJL (Hari Jadi Lamongan) 2010


HJL (Hari Jadi Lamongan) 2010
Rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-441 Lamongan (HJL) tahun ini dimulai kemarin (25/5). Kegiatan itu diawali ziarah ke tiga makam leluhur Lamongan. Yakni, Mbah Sabilan, Mbah Punuk, dan Mbah Lamong (bupati Lamongan pertama) yang berada di Kelurahan Tumenggungan, Lamongan.

Kegiatan itu dipimpin Bupati Masfuk. Hadir dalam kesempatan itu di antaranya Wabup Tsalits Fahami, Ketua DPRD Makin Abbas, anggota muspida, Plt Sekkab Supardi, Ketua MUI KH Abdul Azis Choiri, dan tokoh agama KH Abdussalam.

''Hari ini saya bersama Wabup menyampaikan sambutan terakhir sebagai bupati dan wakil bupati (Lamongan) dalam ziarah leluhur HJL,'' tutur Masfuk saat di kompleks makam Mbah Lamong atau Rangga Hadi yang bergelar Tumenggung Surajaya.

Seperti diberitakan, Masfuk dan Tsalits akan mengakhiri masa baktinya 9 Agustus mendatang. Menurut Masfuk, riwayat luhur dan pondasi yang telah diletakkan Mbah Lamong hendaknya dicontoh dan diaplikasikan dalam kehidupan saat ini. ''Saya bersama Pak Wabup dengan segala kelebihan dan kekurangan telah bekerja keras bersama seluruh jajaran untuk membangun Lamongan. Harus diakui bahwa masih ada yang harus dibenahi, namun juga harus diakui pula banyak keberhasilan yang telah bisa diwujudkan sehingga Lamongan kini sejajar dengan daerah-daerah lain,'' jelasnya.

Dia mencontohkan bidang pendidikan sepuluh tahun lalu. Saat itu, belum pernah ada putra Lamongan yang bisa berprestasi meraih nilai ujian nasional terbaik. Contoh lain, angka kemiskinan yang turun tajam serta pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata Jatim. "Saat ini warga Lamongan boleh bangga karena memiliki WBL yang menjadi jujugan wisata jutaan manusia dan mempunyai Persela yang berlaga di liga super,'' ujarnya.

Dalam acara itu juga dibacakan sejarah singkat para leluhur Lamongan memakai bahasa Jawa karma Inggil. Lanjutan kegiatan HJL digelar hari dengan upacara peringatan di alun-alun kota setempat. Karena ada pelaksanaan pilkada, rangkaian peringatan HJL tahun ini lebih banyak digelar pasca upacara HJL. Kalau tahun-tahun sebelumnya digelar sebelum puncak peringatan HJL tersebut.


Update Artikel Blog ini
Berlangganan via email GRATIS :

Baca Juga :

2 komentar:

Chef Lamanda mengatakan...

selamat hari jadi wat lamongan :)

Qudri mengatakan...

semoga lamongan makin maju main balik ke blog baruku ya

Posting Komentar

Rekomendasi Bisnis Online :

Pencarian

Pengikut

Artikel Populer