Elemen Dasar


Untuk membuat suatu program ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang disebut denganprepocessor directive. Propocessor ditandai dengan adanya awalan # . Preprocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses kompilasi terjadi.Setiap program C++ mempunyai bentuk seperti di bawah , yaitu:#prepocessor directivemain(){// Batang Tubuh Program Utama}Melihat bentuk seperti itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa batang tubuh program utama berada didalam fungsi main(). Berarti dalam setiap pembuatan program utama, maka dapat dipastikan seorang pemrogram menggunakan minimal sebuah fungsi. Pembahasan lebih lanjut mengenai fungsi akan diterangkan kemudian. Yang sekarang coba ditekankan adalah kita menuliskan program utama kita didalam sebuah fungsi main(). Jangan lupa bahwa C++ bersifat case sensitive, sehingga, nama hallo dan Hallo berbeda artinya.


1. Program hello word
Dalam bahasa pemrograman apapun yang paling gampang dan paling sederhana adalah membuat program hello word, programnya sebagai berikut:
#include
void main()
{
cout<<”hello word..\n”;
}

Setelah decompile dan dirun, pada layar akan muncul tulisan hello word..

2. Fungsi main()
Program C++ memang tidak akan pernah lepas dari suatu fungsi/function. Hal ini karena merupakan ciri OOP. Sebuah program C++ minimal memiliki satu fungsi yaitu main(). Fungsi ini merupakan awal program utama. Tulisan main() merupakan nama fungsi, sedangkan bagian yang diapit dengan { dan } disebut blok (tubuh fungsi). Dalam hal ini { merupakan tanda awal blok dan } adalah tanda akhir blok. Seperti halnya dalam Pascal, { dalam Pascal identik dengan BEGIN, sedangkan } identik dengan END. Perintah void bermakna bahwa fungsi main() tidak mengembalikan nilai/value. Cara penulisan fungsi main() tidak mutlak seperti di atas. Berikut ini cara penulisan yang lain
#include
int main()
{
cout << “Hello world.\n”;
return 0;
}

3. Statemen
Perintah cout << “Hello world.\n”; merupakan salah satu contoh statement. Perintah tersebut digunakan untuk mencetak tulisan pada layar. Setiap statement harus diakhiri dengan ; Hal yang menjadi catatan penting di sini bahwa program C++ bersifat Case Sensitive, artinya huruf besar dan kecil dianggap beda. Tanda \n digunakan untuk pindah baris.

4. File Header
Pada contoh di atas, iostream.h disebut file header. File header tersebut diperlukan agar perintah cout bisa dijalankan. Apabila file header tersebut dihapus, maka akan terjadi error. Untuk mengakses file header, digunakan perintah #include , atau #include “file header”. Dalam suatu program bisa jadi melibatkan lebih dari satu file header.
Catatan:
Perintah cout << “Hello world.\n”; dapat diganti dengan printf(“Hello world.\n”); Akan tetapi untuk bisa menggunakan printf diperlukan file header stdio.h 5. Komentar Anda dapat menambahkan komentar pada program Anda. Berikut ini style untuk menambah komentar.
// ----------------------------------
// ini adalah komentarku yang pertama
// ----------------------------------
atau
/* ----------------------------------
ini adalah komentarku yang pertama
---------------------------------- */


Update Artikel Blog ini
Berlangganan via email GRATIS :

Baca Juga :

1 komentar:

heryanto mengatakan...

mau komen apa ya

sukses aja dah

Posting Komentar

Rekomendasi Bisnis Online :

Pencarian

Pengikut

Artikel Populer